Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Training ISO 14001 Environment Management System


Training ISO 14001


Apa bedanya dengan ISO 9001...?
Dalam artikel ini, kita akan sedikit membahas tentang ISO 14001. Poin utama yang membedakan kedua hal tersebut adalah objek dari sistem manajemennya. ISO 9001 fokus pada peningkatan sistem manajemen mutu, sementara ISO 14001 fokus pada peningkatan sistem manajemen lingkungan (SML). Keduanya sama-sama penting, dan semua persyaratan yang ada harus dipenuhi oleh setiap organisasi ataupun perusahaan untuk melancarkan jalan mereka menuju kesuksesan. Oleh karena itu, pemahaman tentang ISO 14001 harus dikuasai oleh setiap pelaku bisnis atau organisasi manapun yang ada di Indonesia ataupun di luar negeri, yang masih berskala kecil maupun yang sudah berskala internasional, dan organisasi yang dimiliki oleh pribadi atau swasa maupun organisasi yang dimiliki oleh pemerintah.

Ada tiga komitmen fundamental tentang kebijakan lingkungan untuk memenuhi standar ISO 14001, antara lain adalah:




  1. Pencegahan polusi,
  2. Kesesuaian dengan undang-undang yang berlaku, dan
  3. Adanya perbaikan SML yang berkesinambungan.

Pencegahan polusi yang disebutkan dalam poin pertama meliputi pencegahan polusi udara, air, dan tanah yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan. Entah sudah seberapa sering kita mendengar berita pencemaran lingkungan hasil limbah atau proses produksi dari perusahaan atau pabrik yang berdiri di tengah-tengah masyarakat. Isu global warming juga mulai muncul setelah revolusi industri puluhan tahun yang lalu. Semenjak itu, banyak pabrik-pabrik dibangun di seluruh penjuru dunia, dan semenjak itu pula kondisi ‘kesehatan’ bumi kita ini pun mulai memburuk. Oleh karena itu, hal-hal yang kerap terlupakan seperti ini pun perlu diatur dengan tegas oleh pemerintah melalui peraturan perundang-undangan yang telah banyak diberlakukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setiap perusahaan harus mematuhi peraturan tersebut dan wajib untuk terus meningkatkan sistem manajemen lingkungannya secara berkesinambungan.

Perusahaan, dalam menjalankan roda perekonomiannya, diharapkan tidak melulu hanya memusatkan perhatian pada keuntungan finansial saja. Ada tanggung jawab terhadap lingkungan yang harus mereka pahami dan penuhi. Bagaimana perusahaan tersebut mengelola limbah hasil produksi yang tentu saja jumlahnya tidak sedikit, dan bagaimana setiap perusahaan, baik itu yang masih berskala kecil maupun yang sudah berskala besar harus bertanggung jawab atas kemungkinan-kemungkinan kerusakan lingkungan yang mereka hasilkan dari segala aktivitas yang mereka jalani. Bayangkan jika tidak ada standar yang mengatur tentang tanggung jawab tersebut, akan seperti apa rupa bumi kita. Limbah yang tidak terkontrol, pencemaran dimana-mana, dan kemudian dalam jangka panjang akan berdampak pada menurunnya kualitas hidup manusia. Karena itulah ISO 14001 ini sangat penting untuk dipahami dan diaplikasikan oleh setiap perusahaan dan organisasi, yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan lingkungan akibat aktivitas pabrik ataupun perusahaan yang terus bertumbuh, khususnya di negara-negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia.

Setiap organisasi harus memahami dan mematuhi peraturan-peraturan yang ada, salah satunya adalah peraturan hukum atau undang-undang yang berkaitan tentang lingkungan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sertifikasi ISO 14001 akan membantu perusahaan untuk secara bertahap meningkatkan kualitas sistem manajemen lingkungannya, dengan memberi pemahaman tentang peraturan-peraturan yang berlaku, baik itu yang dikeluarkan oleh pemerintah, LSM, maupun permintaan masyarakat. Peningkatan SML tersebut tidak harus secara langsung menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Namun, akan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan perusahaan dalam memperbaiki SML yang mereka miliki. Yang terpenting di sini adalah, peningkatan tersebut harus konsisten dan berkesinambungan.

Tidak mudah untuk mengembangkan perusahaan untuk menjadi lebih baik. Ada banyak hal yang harus dipahami selain tentang ISO 14001 ini, seperti Training OHSAS 18001, Training ISO 27001, Konsultan ISO, Konsultan ISO 9001, Pelatihan ISO 9001, Sertifikasi ISO, Konsultan ISO 9001, Training ISO 9001, Konsultan ISO 14001, Konsultan 5s, dan pelatihan-pelatihan yang lainnya.

First Quality Training
First Quality Training Jangan Ragu untuk Menghubungi First Quality Training di Nomor 0812-1000-3431 untuk Layanan Konsultan ISO yang Handal dan Terpercaya.