Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Training ISO 9001 Quality Management System

training iso 9001

Mengapa pelatihan atau training mengenai ISO 9001 merupakan suatu hal yang sangat penting bagi organisasi? 

Hal itu dikarenakan ISO 9001 adalah dasar yang digunakan oleh setiap instansi atau organisasi untuk dapat menunjukkan bahwa mereka melakukan pengelolaan bisnis dan usaha mereka dengan baik sehingga mencapai kualitas barang dan jasa yang konsisten dari waktu ke waktu. 

Hal tersebut jelas penting untuk membuat mitra ataupun customer menjadi percaya dan yakin terhadap barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan tersebut. 

Itulah sebabnya mengapa setiap organisasi memerlukan Training ISO 9001 agar organisasi lebih memahami apa sebenarnya ISO 9001, dan untuk apa fungsinya.

ISO 9001 merupakan sistem manajemen mutu (quality management system / QMS). 


QMS atau yang biasa juga yang disebut sistem penjaminan mutu tersebut adalah suatu standar yang telah disusun, disepakati, dan diaplikasikan oleh organisasi dalam menjalankan aktivitasnya. 

Dengan kata lain, sistem ini akan menunjukkan bagaimana perputaran roda organisasi tersebut, mulai dari bagaimana organisasi menangai customer, memproses permintaan customer, sampai customer mendapatkan apa yang mereka butuhkan tadi. 

Apakah customer puas dengan output dari perusahaan tersebut atau tidak, dan penilaian apa yang akan diberikan oleh customer terhadap hasil kerja perusahaan, hal itulah yang akan ditingkatkan dan dibahas secara tuntas dalam training ISO 9001.

Dalam hal pemilihan penyedia jasa training dan consulting ISO 9001 pun perlu mempertimbangkan banyak hal. 

Jika salah pilih tentu saja perusahaan akan merugi karena telah mengeluarkan biaya besar untuk training, namun hasil yang diperoleh tidak seperti apa yang diharapkan sebelumnya. 

Salah satu cara yang paling sederhana dan mudah adalah, pilihlah trainer dan konsultan yang sudah berpengalaman menangani banyak perusahaan atau organisasi, terutama perusahaan dan organisasi yang sudah memiliki nama besar. 

Hal tersebut merupakan salah satu indikasi yang cukup kuat bahwa trainer dan konsultan tersebut memiliki kualitas yang baik dan tingkat keberhasilan yang tinggi sehingga banyak dipercaya dan direkomendasikan oleh berbagai perusahaan. 

Selain itu, pengalaman juga menunjukkan kematangan dan wawasan yang luas mengenai permasalahan dan seluk beluk organisasi, sehingga dapat menawarkan solusi dan saran mengenai sistem manajemen mutu yang tepat sasaran, serta cocok dengan kondisi dan budaya organisasi sebagai klien mereka. 

Selain pengalaman, tentu kualitas trainer dan konsultan perlu diperhatikan. 


Jika ingin memperoleh hasil pelatihan yang memuaskan, pilihlah trainer dan konsultan yang memiliki latar belakang yang sesuai di bidang ISO training, khususnya ISO 9001. 

Dan yang paling penting juga adalah bahwa konsultan tersebut telah terdaftar dan memiliki legalitas di mata hukum yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor SIUP, TDP, dan juga NPWP.

Bukan merupakan perjalanan singkat bagi konsultan maupun perusahaan untuk mencapai tujuannya, yaitu memperoleh sertifikasi ISO 9001

Tahap demi tahap, mulai dari proses asesmen untuk mendiagnosa kondisi perusahaan, tahap pelatihan atau training, hingga penerapan program-program yang telah disusun untuk perusahaan dan monitoring yang dilakukan oleh konsultan yang bekerja sama dengan pihak perusahaan, harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dari kedua belah pihak. 

Pelatihan ISO 9001 ini akan berjalan dengan lancar dan sukses apabila terdapat komitmen dan kerja sama yang baik dari pihak konsultan dan pihak manajemen perusahaan. 

Kedua belah pihak harus melakukan sinergi yang positif dan selalu kompak untuk bersama-sama mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik dan dapat saling memberi keuntungan.
First Quality Training
First Quality Training Jangan Ragu untuk Menghubungi First Quality Training di Nomor 0812-1000-3431 untuk Layanan Konsultan ISO yang Handal dan Terpercaya.